Selasa, 09 Maret 2010

Tujuh Fitur Keamanan yang Ditingkatkan pada Windows 7

Microsoft telah melakukan perbaikan keamanan yang signifikan dengan merilis Windows 7. Postingan ini merupakan artikel yang ditulis oleh Marquette Poremba Sue dalam blognya tentang tujuh fitur yang menurutnya sangat berdampak pada keamanan di versi terbaru Windows.

Berikut daftar fitur keamanan terbaik yang terdapat di Windows 7 :

  1. BitLocker to Go
    BitLocker adalah layanan enkripsi data yang pertama kali diperkenalkan pada Windows Vista. BitLocker to Go di Windows 7 termasuk enkripsi data untuk perangkat USB portable, seperti thumb drive. Informasi yang dienkripsi dapat diubah hanya pada mesin Windows 7 dengan menggunakan sandi. Sandi ini dapat dibaca tetapi tidak dapat dimanipulasi pada Windows XP atau Vista.
  2. Action Center
    Action Center bertanggung jawab di seluruh aspek pemeliharaan (maintenance) dan keamanan pada Windows 7. Security Center yang terdapat di Vista telah diserap ke dalam Action Center. Pengguna akan diberitahu tentang perubahan dalam sistem pada taskbar.
  3. DirectAccess
    Merupakan fitur teranyar Windows. DirectAccess memungkinkan pengguna remote (jarak jauh) untuk mengamankan jaringan melalui Internet tanpa VPN. Program ini juga akan memungkinkan administrator IT berkesempatan untuk mem-patch sistem2 dari jarak jauh, sepanjang pengguna berada di dalam jaringan.
  4. BranchCache
    Lain halnya dengan DirectAccess yang bermanfaat untuk pekerja remote, BranchCache membantu pekerja yang bekerja dari kantor cabang di mana koneksi jaringan ke kantor pusat yang sedikit dan lambat. BranchCache menciptakan sebuah cache dari sebuah dokumen atau aplikasi secara lokal. Jika ada orang lain yang membutuhkan informasi tersebut, informasi ini di-download dari cache bukan dari jaringan.
  5. AppLocker
    Dengan alat ini, administrator dapat mengontrol siapa saja yang dapat men-download perangkat lunak ke komputer-komputer kerja dan mengontrol aplikasi-aplikasi apa yang dapat diakses, serta mengurangi ancaman dari seseorang yang men-download malware.
  6. Biometric Security
    Biometrics menambahkan unsur manusia untuk sistem keamanan dengan menggunakan DNA, retina scan, atau sidik jari, misalnya, untuk mengidentifikasi user atau pengguna. Fitur baru Windows 7 adalah Windows Biometric Framework, yang menyediakan dukungan untuk aplikasi-aplikasi pendeteksi sidik jari. Windows telah memiliki kemampuan untuk biometrik sebelumnya, tetapi dibutuhkan software pihak ketiga untuk menggunakannya. Namun sekarang, kemampuan untuk biometrik ini sudah menjadi bagian dari sistem operasi.
  7. Perubahan-perubahan pada User Account Control
    User Account Control (UAC) adalah salah satu aspek yang paling buruk Vista, karena berulang kali meminta izin user untuk aplikasi administratif. Di Vista, Anda dapat menonaktifkan fungsi tersebut, tetapi kemudian akan beresiko men-download perangkat lunak yang tidak diinginkan. Windows 7 memberikan pengguna lebih banyak pilihan tentang bagaimana dan kapan sistem harus memberikan peringatan-peringatan. (Untuk keterangan lebih lanjut mengenai fitur ini, dapat Anda baca di sini) . Wafa.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Resources

Site Info

share... Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template